Kepala BNPB memberikan penghargaan kepada perwakilan perguruan tinggi yang memfasilitasi dan ikut serta dalam program KKNT di wilayah Bali dan Universitas Udayana menjadi salah satu penerima penghargaan.

Denpasar - Universitas Udayana terima Sertifikat dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana atas partisipasi sebagai Perguruan Tinggi dalam Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKT) COVID-19 Bali Kembali yang diselenggarakan selama Bulan Juni-Agustus 2021 di Provinsi Bali. Sertifikat diserahkan langsung oleh Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito, SE.,MM dan diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng  dalam acara Rakor Percepatan Penanganan Covid-19 dan Peluncuran Gerakan Mobil Masker bertempat di Kantor Gubernur Bali, Kamis (19/8). Acara dihadiri oleh Wakil Gubernur Bali, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di tingkat provinsi, kabupaten dan kota, perwakilan perguruan tinggi Bali, serta mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) baik secara virtual maupun tatap muka.

Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. menyampaikan kolaborasi pentaheliks, khususnya peran perguruan tinggi, menjadi akselerator pemulihan kehidupan masyarakat dengan semangat ‘Bali Bangkit’ dan ‘Bali Kembali.’ Sejak awal pandemi pada tahun lalu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengajak komunitas perguruan tinggi untuk berperan aktif dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Bali.

Kerja sama dengan perguruan tinggi tersebut tidak terlepas dari dukungan penuh dari kementerian dan lembaga terkait dalam program percontohan percepatan penanganan Covid-19, antara lain dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pertanian dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dukungan konkret tersebut diwujudkan dengan penyelenggaraan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang melibatkan ribuan mahasiswa di Bali, dan program riset kebencanaan hasil proses seleksi dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Kepala BNPB mengapresiasi komunitas perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam penanganan Covid-19, baik dalam bentuk riset kebencanaan dan keikutsertaan mahasiswa dalam program KKNT yang terjun langsung di tengah masyarakat.

Sebelumnya Mahasiswa KKN Tematik Covid-19 Universitas Udayana terlibat dalam dua kegiatan besar KKNT Bali Bangkit Bali Kembali yakni bidang kesehatan melalui program kampus lacak Covid-19 (tracing) dan bidang Ketahanan Pangan dan Gizi melalui program penerapan inovasi ketahanan pangan dengan gizi seimbang melalui Pekarangan Pangan Lestari (P2L). KKN Tematik Covid-19 Unud akan berakhir pada 23 Agustus 2021 mendatang.