Dilakukan secara daring, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana (LPPM Unud) gelar training of trainer (TOT) dosen pembimbing lapangan (dpl) untuk KKN PPM Periode XXVII, KKN Tematik Literasi dan Inklusi Keuangan OJK dan KKN Tematik Infrastruktur PUPR Tahun 2023 Universitas Udayana. TOT diikuti oleh 264 orang dpl yang disebarkan di 164 lokus KKN. KKN periode ini mahasiswa yang mengikuti KKN adalah sebanyak 4160 orang yang disebar dalam 164 desa, sehingga per-desa akan terakomudasi 15-16 mahasiswa. 


        TOT dibuka oleh Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi. Yang sekaligus sebagai narasumber. Dalam sambutannya Prof. Suarsana menyampaikan selamat sudah terpilih sebagai dpl KKN PPM Periode XXVII, KKN Tematik Literasi dan Inklusi Keuangan OJK dan KKN Tematik Infrastruktur PUPR tahun 2023 unud dan melaporkan secara singkat pelaksanaan KKN. TOT sekaligus merupakan proses penyegaran dan penyamaan persepsi DPL baik sebagai DPL Reguler dan DPL Tematik.

        TOT menghadirkan narasumber Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi. Menyampaikan materi tentang “Pelaksanaan KKN Tahun 2023: KKN PPM Periode XXVII (Reguler dan PUM), KKN Tematik Literasi dan Inklusi Keuangan OJK dan KKN Tematik Infrastruktur PUPR, Hak dan Kewajiban DPL, serta Aturan Mahasiswa ber-KKN”. Narasumber selanjutnya Dr. I Ketut Mangku Budiasa, SPt., MSi. Menyampaikan materi tentang “Program Kerja, Monev, Proses Bimbingan, Pelaporan, Penilaian KKN PPM dan KKN Tematik”. Dimoderatori oleh Sekretaris LPPM Unud, NMAED Wirastuti, PhD. Pada sesi diskusi banyak disampaikan studi kasus/keadaan pada KKN-KKN sebelumnya.