Sehubungan dengan penerima program bantuan operasional Perguruan Tinggi Negeri program penelitian lanjutan dan program PUI-PT lanjutan, DRTPM mengundang 70 Perguruan Tinggi, 16 LLDIKTI dan 9 PUI-PT melakukan penandatanganan kontrak penelitian lanjutan bertempat di Tangerang Banten (12/04/2023). 


        Universitas Udayana hanya lolos 5 judul penelitian yang dilanjutkan pelaksanaannya di tahun 2023, dengan rincian 2 dari skim Penelitian Dasar Kompetitif Nasional, 1 dari skim Disertasi Doktor, 1 dari skim penelitian Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul, dan 1 skim penelitian Terapan Unggulan PT.

        Penandatanganan kontrak lanjutan 2023 sedikit mundur dari jadwal yang direncanakan Januari 2023. Selain karena sistem BIMA yang masih berproses, juga dana untuk pendanaan penelitian lanjutan yang cukup besar untuk didanai sehingga perlu waktu penyesuaian dengan meningkatkan grade kelolosan hasil Monev agar dana penelitian proposal baru tidak banyak berkurang, terang Direktur DRTPM Prof. M. Faiz Syuaib, dalam arahannya. Direktur DRTPM juga mengingatkan untuk proposal baru penelitian dan pengabdian anggaran tahun 2023, mohon dapat dilengkapi dan di submit sampai tanggal 13 April tengah malam dan sementara untuk approve Ketua LPPM terhadap proposal yang telah di submit sampai dengan tanggal 14 April 2023. Diagendakan 1 bulan review usulan dan diharapkan di bulan Mei 2023 sudah tandatangan kontrak.

        Diinformasikan sampai tanggal 13 April pagi data pengusul dari Unud untuk penelitian dana DRTPM yang telah di approve oleh Ketua LPPM sebanyak 40 usulan penelitian dan 5 usulan pengabdian. Masih terdapat 16 draft usulan penelitian dan 5 draft usulan pengabdian yang belum submit. Harapan Ketua LPPM I Nyoman Suarsana, supaya pengusul dapat melengkapi dan segera di submit sampai batas waktu yang ditentukan.