Mendorong peningkatan pengajuan proposal Matching Fund Kedaireka, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) menggelar Workshop “Strategi Meraih Pendanaan Matching Fund Kedaireka Tahun 2024” pada Rabu, 17 Januari 2024 secara online via webex. Hadir sebagai narasumber Prof. Drs. T. Basaruddin, M.Sc., P.hD yang memaparkan materi ‘Kiat Sukses Pengajuan Proposal Matching Fund Kedaireka Tahun 2024’; Dr. Ni Ketut Arismayanti, S.ST.Par., M.Par memaparkan mengenai ‘Pengelolaan Matching Fund di Universitas Udayana’; dan Ibu Ni Putu Sri Harta Mimba, SE., M.Si., P.hD., Ak, CA, CMA yang berbagi ‘Success Story Pemenang Matching Fund Tahun 2023’. Acara dipandu oleh Ibu Ni Kadek Warditiani, S. Farm, M.Sc, Apt.

Workshop dibuka oleh Ketua LPPM Unud (Prof. Dr drh. I Nyoman Suarsana, M.Si) dengan dihadiri oleh 218 orang peserta. Dalam sambutannya, Ketua LPPM Unud menyampaikan Unud melalui LPPM telah memfasilitasi dosen-dosen yang mempunyai prototipe/inovasi hasil penelitian untuk memanfaatkan skema Matching Fund untuk mempertemukan dengan DUDI dalam rangka untuk menghilirisasi hasil-hasil penelitian. LPPM telah mendampingi para inventor sejak tahun 2018 hingga saat ini, untuk menyiapkan produk inovasi. Tercatat jumlah inovasi yang mendapat dukungan dana Matching Fund sebanyak 7 inovasi. Di tahun 2024, sangat berharap semakin banyak peneliti yang memanfaatkan pendanaan Program Matching Fund untuk akselerasi, hilirisasi inovasi, sekaligus banyak mitra industri yang terlibat dan berkolaborasi dengan Unud. Diharapkan dosen yang telah melakukan riset pada TKT 7-9 dan telah menghasilkan produk inovasi dapat melakukan hilirisasi produk melalui platform Kedaireka.

Ketua Panitia sekaligus Ketua Matching Fund Unud (Dr. Ni Ketut Arismayanti, S.ST.Par., M.Par) menyampaikan Matching Fund Kedaireka merupakan bagian dari kerangka kebijakan MBKM, Kemendikbudristek yang mengimplementasikan berbagai program untuk membangun ekosistem yang mendorong peningkatan mutu dan relevansi pendidikan tinggi di Indonesia. Tujuan utama Program Dana Padanan Matching Fund adalah untuk mendorong terjadinya kerjasama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan antara pihak Perguruan Tinggi dengan mitra sesuai skema yg diajukan. Melalui Workshop ini diharapkan semakin banyak Dosen Unud mengajukan proposal Matching Fund pada tahun 2024.