Kunjungan LPPM Unud ke Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB University) Science Techno Park (STP) berlangsung selama 2 (dua) hari, 10-11 Agustus 2022. Agenda utama dalam kunjungan ini adalah untuk mendapatkan best practice dalam mematangkan pengembangan konsep kawasan Udayana University STP (USTP). UI dan IPB University yang sudah memulai STP dari tahun 2018 tentu saja banyak memberikan sharing pengembangan dan pengelolaan STP sehingga hilirisasi penelitian para penelitinya dapat berdampak dan digunakan oleh masyarakat dan industri. 


        Pengembangan Kawasan STP dalam suatu Perguruan Tinggi (PT) merupakan salah satu indikator capaian bidang penelitian PT yang harus dipenuhi. Dengan pengembangan USTP merupakan salah satu bentuk dukungan LPPM untuk Unud ber- PTNBH. Untuk ini harapannya hasil kunjungan ini LPPM Unud dapat membentuk komponen pendukung USTP dalam format yang sesuai dengan kebutuhan Unud dalam mengelola hilirisasi risbang kebentuk produk inovasi, disamping hilirisasi pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu integrasi unit terkait yang sudah ada akan lebih dioptimalkan perannya dan mempunyai tupoksi yang jelas dalam mendukung Kawasan USTP ini, yaitu: inovasi dan komersialisasi, kekayaan intelektual dan inkubator bisnis dan kemitraan industri. 

        Harapannya, dalam waktu dekat terwujud ruang display dan pameran produk inovasi Unud yang siap dikomersialisasi, serta peluncuran USTP pada saat Dies Natalis ke-60 Universitas Udayana. Dimana kedepannya secara perlahan bisa didukung dengan kawasan yang terintegrasi, yaitu: umah inovasi (ruang display produk), teaching industry, ruang tenant dan mitra, serta manajemen USTP.