Berpedoman pada IKU Perguruan Tinggi yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian, terutamanya IKU 5 (Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat atau Mendapat Rekognisi Internasional) serta mendukung IKU 2 (khususnya MBKM Membangun Desa/KKNT, MBKM Penelitian), sebagai acuan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian. Untuk itu telah diadakan rapat koordinasi dengan para ketua pusat penelitian dan pelayanan, beserta para Ketua Bidang Puslit dan Pusyan, bertempat di Gedung Pascasarjana Ruang, Lt. 3, Kampus Sudirman. Rakor dipimpin langsung oleh Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi., dan Sekretaris LPPM Unud, Ir. NMAE Dewi Wirastuti, ST., MSc., PhD., IPM. (Kamis, 21 Januari 2022)


        Unud sendiri memiliki 8 puslit dan 3 pusyan di bawah koordinasi LPPM Unud, yaitu: Puslit Kebudayaan, Pusat Unggulan IPTEK Pariwisata, Puslit Teknologi dan Material, Puslit SDA dan Lingkungan, Puslit Pembangunan Berkelanjutan, Puslit Pangan, Puslit SDM, Puslit Kesehatan, Pusat Inkubator Bisnis, Pusat Inovasi dan HKI, dan Pusat Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat. Serta terdapat 49 Bidang Puslit dan Pusyan. Dengan potensi dan sumber daya peneliti yang sangat besar ini, LPPM Unud memandang perlu untuk lebih menggerakkan dan mengkoordinasikan kegiatan dari puslit dan pusyan dan memberikan target pencapaian IKU 5 dan mendukung IKU 2 untuk puslit dan pusyan, ungkap Prof. Suarsana.


        Harapannya, Puslit dan Pusyan yang merupakan salah satu pilar penting LPPM dalam penguatan R&D, mampu tercipta kerjasama yang baik sehingga IKU 5 dan mendukung IKU 2 bisa dicapai. Sehingga kinerja LPPM bisa terukur baik outcome dan outputnya. Serta terekognisi dan berdampak luas bagi masyarakat. Terobosan terobosan yang sudah disiapkan diantaranya, yaitu: perbaikan regulasi, permudah tata Kelola R&D, update skema riset, memfasilitasi hilirisasi, prototipe inovasi dan DUDI, KI, insentif skema riset, meningkatkan kapasitas SDM pusyan puslit.(mae)



#BerlariTanpaKaki

#KerjaKerasKerjaCerdas

#LPPMTumbuh #LPPMUNUD

#UniversitasUdayana

#KriaAbhinayamuwangKriaNipunaNgulatiLPPMWrĕddhi