Universitas Udayana melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) melaksanakan acara pelepasan dan penerjunan mahasiswa KKN Periode XXVIII dan Dosen Pembimbing Lapangan Tahun 2024 bertempat di halaman depan Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Kamis (18/01/2024). Pelepasan mahasiswa KKN ini dilakukan oleh Rektor Unud didampingi Ketua LPPM, Ketua KKN periode XXVIII, dan penyerahan mahasiswa KKN kepada salah satu perwakilan Desa yaitu Kepala Desa Gunaksa, Kabupaten Klungkung. Pelepasan secara simbolis dilakukan melalui pemasangan topi dan pelepasan balon udara.

Kegiatan KKN di Universitas Udayana merupakan salah satu program yang wajib diikuti oleh para mahasiswa dalam setiap tahun akademik sebagai matakuliah intrakurikuler, yang memadukan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Jadi program KKN pada hakikatnya adalah program pembelajaran dan pengabdian mahasiswa di tengah-tengah masyarakat. 

KKN sebagai salah satu bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan memberikan pengalaman bermakna kepada mahasiswa sesuai program studi/fakultasnya, meningkatkan kompetensi keilmuan, dan memberikan pengalaman dalam menyelesaikan permasalahan mitra/masyarakat yang dilakukan secara team work, monodisiplin, atau multidisiplin pada lingkungan sebenarnya.

Rektor Unud Prof. Ngakan Putu Gede Suardana dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKN Periode XXVIII Januari-Februari 2024, beririsan dengan tahun dilaksanakannya Pemilu. Diharapkan mahasiswa untuk tidak ikut berpolitik praktis, menjaga kondisi agar kondusif baik antar kelompok mahasiswa maupun dengan masyarakat di lokasi KKN. 

"Kepada seluruh mahasiswa peserta KKN saya berpesan agar senantiasa menjaga nama baik diri sendiri dan nama baik Unud di masyarakat. Juga berharap melalui kegiatan KKN ini mahasiswa dapat beradaptasi dengan cepat dan berkomunikasi secara baik dengan masyarakat. Bekerjalah maksimal dan berikan yang terbaik kepada masyarakat desa," ujar Rektor.

Jumlah peserta KKN Periode XXVIII sebanyak 350 mahasiswa dari 13 fakultas. Dari 350 peserta KKN, jumlah peserta laki-laki sebanyak 195 dan perempuan sebanyak 155. Peserta KKN disebar di 22 desa lokasi KKN di Kabupaten Klungkung dan akan melaksanakan KKN di desa mulai 20 Januari hingga 25 Februari 2024. Selama pelaksanaan KKN, akan dilakukan monev dua kali yakni monev administrasi dan monev program, serta ujian KKN di desa pada 25 Februari 2024 mendatang. Diharapkan pelaksanaan KKN dapat berjalan dengan baik dan lancar.