Dihadiri 7 (tujuh) Dekan di lingkungan Universitas Udayana (Unud), yaitu: Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dekan Fakultas Petanian, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik, Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis, Dekan Fakultas Hukum, Dekan Fakultas Pariwisata, Plt. Direktur Pascasarjana, dan Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unud laksanakan rapat koordinasi pembentukan program RPL Desa pada hari Senin, 14 Agustus 2023 di Ruang Rapat LPPM Unud, Kampus Jimbaran.


        RPL Desa adalah penyetaraan akademik atas pengalaman kerja untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi bagi perangkat desa. Dengan adanya program ini, pengalaman kerja berbagai sumber daya manusia di desa, seperti sebagai kepala desa, perangkat desa, pendamping desa, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), serta BUMDesa dapat disetarakan dengan materi kuliah di universitas dengan berbagai program studi, sehingga mendapat gelar sarjana S1, magister S2 maupun doktor S3.

        Program RPL Desa rencananya akan dilaunching saat di gelar Seminar Bhakti Desa pada awal bulan September 2023, dengan menghadirkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Dalam laksanakan RPL Desa ini, Unud akan bekerja sama dengan Kemendes PDTT, Kemendikbud Ristek dan Kemendagri, serta Pemda se-Bali.

        Hasil rapat menyepakati untuk membentuk Tim Program RPL Desa yang akan merancang mekanisme dan sistem program RPL Desa di Unud, serta disepakati juga oleh para dekan yang hadir berkomitmen untuk melaksanakan program RPL Desa di Fakultasnya masing-masing.