LPPM Unud menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka ulang tahun Universitas Udayana ke-59 tahun di Desa Tampaksiring, Gianyar (Rabu, 22 Desember 2021). Pengabdian mengambil tema "Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Desa Wisata Berbasis Inovasi dan Ekonomi Kreatif".
Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian adalah memberdayakan masyarakat desa Tampaksiring dalam pengembangan desa wisata berbasis inovasi dan ekonomi kreatif. Terdapat tiga kegiatan untuk masyarakat yaitu: pendampingan penyusunan peraturan desa (Dr Ni Luh Gede Astariyani., SH., MH dan tim), edukasi/pelatihan desa wisata untuk Kelompok sadar wisata (pokdarwis) (Dr. Ni Ketut Arismayanti., SST.Par., M.Par. dan tim), Penangan produk pangan (packing produk olahan rumah tangga) (Dr. Ir. Luh Putu Wrasiati, MP. dan tim), dan pelayanan kesehatan hewan (Drh. I Wayan Nico Fajar Gunawan, M.Si dan tim).
Kegiatan dihadiri oleh Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi., Sekretaris LPPM Unud, Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, PhD., Kadus/Kaling, BPD, Pokdarwis, Bumdes, Simantri, Pengolah Pangan Rempeyek.
Dalam sambutannya, Ketua LPPM, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi., menyampaikan bahwa LPPM mengemban 2 bidang tugas dari 3 bidang tridarma PT, yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sesuai tupoksinnya pengabdian ini sangatlah tepat karena sesuai dengan potensi desa sebagai desa wisata.
Pengembangan desa wisata berbasis inovasi merupakan suatu keniscayaan yang bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Reka baru atau inovasi merupakan proses atau hasil pengembangan pemanfaatan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk, proses, atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti teradap produk yang dihasikan sehingga bernilai ekonomi untuk kesehejahteraan. Produk-produk inovatif seperti kerjainan ukir, souvener, rajunan benang, produk kuliner akan memiliki daya saing jual, menjadi daya tarik, sebagi oleh-oleh pada wisatawan yang datang ke Bali dan Tampak Siring khususnya.
Harapan dari kegiatan pengabdian ini adalah : (1) Peningkatan dan Penguatan Kelompok Sadar Wisata dalam mengelola dan memasarkan wisata tampak siring secara berkelanjutan; (2) Partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata di Desa Tampaksiring meningkat; dan (3) Adanya peningkatan kesejahteraan kelompok sasaran di Desa Tampak Siring.
#BerlariTanpaKaki #KerjaKerasKerjaCerdas #LPPMTumbuh #LPPMUNUD #UniversitasUdayana #KriaAbhinayamuwangKriaNipunaNgulatiLPPMWrĕddhi