Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unud menggelar kegiatan Finalisasi Workshop Rencana Induk Penelitian (RIP) Universitas Udayana tahun 2022-2026 pada Selasa (12/10) bertempat di Padma Resort Ubud.

Workshop ini berfokus untuk menggali masukan-masukan yang diberikan oleh internal maupun eksternal Universitas Udayana, sehingga Induk Penelitian yang dirancang akan digunakan sebagai dasar dan pedoman bagi para peneliti di lingkungan Unud dalam melakukan penelitian. Finalisasi turut difokuskan pada road map yang ditetapkan pada masing-masing topik bidang unggulan yaitu Sosial dan Humaniora, Kesehatan dan Obat-obatan, Pangan, Energi, dan Lingkungan, dan Infrastruktur, Transportasi, Material, dan Teknik Informasi.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi selaku Ketua LPPM, terdapat beberapa pembaharuan dari RIP sebelumnya. “Ada beberapa pengurangan topik karena yang terdahulu kurang relevan lagi, kemudian muncul lah topik-topik baru yang mengadopsi kekinian, teknologi, dan riset tingkat nasional,” jelasnya.  Lebih lanjut dijelaskan bahwa tim penyusun juga harus mengakomodasi ketigabelas fakultas di Unud agar para peneliti dapat mengajukan penelitian yang ada di dalam RIP.

Adapun tim penyusun yang dilibatkan adalah anggota UP2M (Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) di tingkat fakultas yang memiliki kredibilitas. Demi mendapatkan masukan masukan yang lebih segar, LPPM Unud turut mengundang Bapeda Provinsi Bali, BaRI Provinsi Bali, Balitbang Kota dan Kabupaten, serta kolega dari eksternal Unud sebagai peserta dalam kegiatan ini.

Hadir pula Wakil Rektor I, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.p yang memberikan dukungan untuk keberlangsungan finalisasi RIP. “Di sini pimpinan selaku rektorat sangat mendukung untuk memberikan arahan dari penelitian tersebut agar sesuai dengan road map yang ditetapkan di masing-masing bidang program studi,” paparnya.

#BerlariTanpaKaki #KerjaKerasKerjaCerdas #LPPMTumbuh #LPPMUNUD #UniversitasUdayana #KriaAbhinayamuwangKriaNipunaNgulatiLPPMWrĕddhi