Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana melaksanakan Training of Trainers (ToT) dan Penyamaan Persepsi Reviewer Penelitian dan Pengabdian, Senin (6/1/2019) di Ibis Style Denpasar. Kegiatan ini diikuti oleh 86 orang reviewer, yang mana 35 orang di antaranya telah tersertifikasi nasional. 
Ketua LPPM Unud, Prof. I Gede Rai Maya Temaja mengatakan kegiatan ini diperlukan untuk menyamakan persepsi bagi reviewer baru maupun reviewer senior dalam menilai proposal penelitian dan pengabdian, melakukan monitoring, serta evaluasi. Pada tahun 2020 ini, 86 reviewer yang telah di ToT ini akan menilai kurang lebih 900 proposal penelitian dan pengabdian.
Hal senada turut disampaikan Rektor Universitas Udayana, Prof. AA Raka Sudewi. Ia berharap kegiatan ini dapat menunjang proses penilaian proposal, baik input, proses, output, dan monitoring dapat berjalan lancar.
Ketua LPPM Unud menambahkan, tahun ini Universitas Udayana menargetkan adanya peningkatan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta mendorong munculnya produk-produk inovasi.