LPPM Unud menggelar Seminar Nasional "Spirit for Developing Innovation Culture" serangkaian perayaan Dies Natalis ke-57 Universitas Udayana, Jumat (20/9/2019) bertempat di Udayana International Convention Center (UICC) Kampus Bukit Jimbaran. Seminar dibuka oleh Rektor Unud dengan menghadirkan Keynote Speaker Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti yang diwakili oleh Dr. Wihatmoko (Kasubdit Pengembangan Jaringan dan Inovasi) dan narasumber Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG (K) MPH (FK UI) serta Ngakan Timur Antara (Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian).


Ketua LPPM Unud Prof. I Gede Rai Maya Temaja menyampaikan bahwa perkembangan publikasi ilmiah sebagai luaran penelitian di Indonesia cukup pesat dan bergerak secara eksponensial dari beberapa tahun terakhir sehingga mencapai puncaknya di pertengahan tahun 2019 dimana Indonesia berhasil mencapai puncak jumlah publikasi tertinggi di ASEAN dalam publikasi ilmiah. 

Penyelenggaraan Seminar Nasional ini dengan tujuan memberikan pemahaman tentang pentingnya pengembangan budaya inovasi dan memberikan wawasan baru tentang isu-isu terkini yang mewarnai perkembangan inovasi Indonesia serta landasan berpikir untuk memberikan kontribusi dan berpartisipasi dalam kemajuan ekonomi di Indonesia serta memperkuat sinergi dengan berbagai unsur dan akselerasi pengembangan budaya inovasi.

Sementara Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini era industri 4.0 telah membawa perubahan lebih cepat pada berbagai aspek kehidupan terutama terkait perkembangan teknologi. Era industri 4.0 telah mengantarkan perkembangan peradaban masyarakat menuju era yang dikenal sebagai Society 5.0. Untuk membangun ekonomi yang kuat, daya saing dan kemampuan adaptasi masyarakat harus senantiasa dipacu.

Kemampuan berinovasi dalam berbagai bidang sangat dibutuhkan. Ancaman akan terjadi ketika kita tidak dapat berinovasi dan akhirnya kita akan ditinggalkan. Hanya Inovasi dapat mengubah sesuatu yang sudah ada menjadi lebih bernilai dan bermanfaat. Sebagai salah satu agent of change, Universitas Udayana melalui LPPM senantiasa berupaya melakukan terobosan-terobosan dalam rangka mengakselerasi pengembangan budaya inovasi bagi kalangan akademisi, peneliti, maupun masyarakat luas. 

Rektor berharap melalui Seminar Nasional ini dapat meningkatkan kesadaran kita bahwa budaya inovasi memang sangat perlu dikembangkan dan inovasi perlu dibudayakan.

Topik materi yang disampaikan dalam seminar antara lain Inovasi di Perguruan Tinggi, Technology Transfer Office and Inovation Strategy dan Ekosistem Inovasi Era Industri 4.0.