Bertempat di Ruang Bangsa, Kampus Jimbaran, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana (LPPM Unud), sebagai rangkaian proses pelaksanaan MBKM Membangun Desa (MD)/Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Mandiri Periode II Tahun 2023, laksanakan kegiatan pembekalan umum bagi mahasiswa (Senin, 20 Februari 2023). Dimana kegiatan Pembekalan Khusus akan dilaksanakan oleh Program Studi/Fakultas asal mahasiswa peserta MBKM, Selasa-Rabu, 21-22 Februari 2022. Acara Pembekalan Umum dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Ketua dan Sekretaris LPPM Unud, Koordinator MBKM Unud, Para dekan dan Koprodi yang mahasiswanya mengikuti program MBKM MD/KKNT.

Acara Pembekalan Umum dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP., dalam hal ini mewakili Rektor Unud, yang dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya terhadap para pejuang MBKM Unud, baik mahasiswa, koprodi, pembimbing lapangan yang hadir saat acara pembekalan. Serta harapan kedepannya jumlah peserta bisa bertambah sehingga Unud mampu memenuhi IKU (Indikator Kinerja Utama) yang berkaitan dengan MBKM. Ketua LPPM Unud, Prof. Dr., drh. I Nyoman Suarsana, MSi., dalam laporannya menyampaikan kegiatan MBKM MD/KKNT Mandiri Periode II Tahun 2023 diikuti oleh 71 mahasiswa, dari 4 fakultas (FT, FIB, FISP dan FPAR), dari 4 prodi (Arsitektur, Arkeologi, Antropologi, Sejarah, Industri Perjalanan Wisata dan Hubungan Internasional). Menyampaikan apresiasi kepada para dosen pembnimbing terutama, pembimbing mitra (desa) atas atensinya sehingga program bisa diinisiasi oleh prodi. Serta menyatakan untuk kegiatan MBKM MD/KKNT Mandiri Periode I Tahun 2022 telah berhasil dengan sukses, dan terdapat beberapa desa yang ingin melanjutkan kerjasamanya dengan melalui kegiatan MBKM MD/KKNT berikutnya.

Hadir sebagai Narasumber, Dr. Ir. I Ketut Sardiana, M.Si., Koordinator MBKM Universitas Udayana, dengan materi: “Penjelasan Umum Program MBKM Kemendikbud Ristek dan MBKM Mandiri”; Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, ST., MSc., PhD., IPM., Sekretaris LPPM Unud, dengan materi: “MBKM Membangun Desa/KKNT Mandiri Periode II Tahun 2023 Universitas Udayana”; Dr. I Ketut Mangku Budiasa, S.Pt, M.Si. (Ketua KKN PPM Unud) dengan materi: “Moral dan Etika Pergaulan Mahasiswa di Masyarakat”; Tri Anggraini Prajnawrdhi, S.T., M.T., MURP., Ph.D., Koprodi Arsitektur, FT Unud, dengan materi: “Sharing Pelaksanaan MBKM Membangun Desa/KKNT Mandiri Periode I Tahun 2022 : Manfaat, Tantangan, Hambatan dan Solusinya”; Duman Care Khrisne, ST., MT., Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi, USDI, Unud, dengan materi:  “Penjelasan Teknis SIMAK MBKM KKNT”. Keempat narasumber dimoderatori oleh Dr. I Made Bayu Ariwangsa, S.S., M.Par., M.Rech, Prodi Destinasi Pariwisata FPAR Unud.