Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya selenggarakan kegiatan Pelatihan Sampling dan Analisis Mikroplastik di Perairan dan Sedimen secara daring melalui aplikasi Zoom, Senin (20/09/2021). Kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi Dosen dan kualitas lulusan Mahasiswa dalam melakukan survey dan analisis Mikroplastik pada sample Sedimen dan Perairan. Pelaksanaan Pelatihann ini merupakan bagian dari program Kompetisi Kampus Merdeka yang akan dilaksanakan dari tanggal 20 September 2021 hingga 15 Oktober 2021.
Ketua Center for Remote Sensing and Ocean Sciences (CReSOS) I Gede Hendrawan, Ph.D dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama LPPM Universitas Udayana, Fakultas Kelautan dan Perikanan Unud, CReSOS dengan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Pelatihan ini dilaksanakan secara luring dan daring dimana pelaksanaan luring mulai tanggal 27 September hingga 15 Oktober 2021 dan pelaksanaan daring mulai tanggal 20 September hingga 23 September 2021 serta tanggal 6 Oktober 2021.
Dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Prof. Ir. Hadi Suyono, S.T., M.T., Ph.D., IPU., ASEAN.Eng dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka untuk menguatkan institusi, dimana masing-masing institusi wajib untuk memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) antara lain dengan banyaknya melakukan kolaborasi serta banyaknya mahasiswa yang melakukan MBKM. Namun yang paling terpenting dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyiapkan mahasiswa-mahasiswa agar memiliki kompetensi dan kapabilitas yang lebih unggul.
Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Unud Prof. Dr. Ir. I Wayan Arthana, M.S. dalam kesempatan ini menyambut baik kerjasama antara Universitas Udayana dengan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Unud berharap kedepan kolaborasi ini semakin kuat karena di era sekarang ini Universitas dituntut untuk melakukan kolaborasi, dimana semakin banyak kolaborasi yang dilakukan semakin hebatlah Universitas tersebut.
Ketua LPPM Unud Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini memberikan kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk mengasah kemampuan dan bakat untuk terjun langsung ke dunia kerja. Kegiatan pelatihan ini sangatlah penting untuk meningkatkan kompetensi tidak hanya bagi dosen namun juga bagi mahasiswa.
#BerlariTanpaKaki #KerjaKerasKerjaCerdas #LPPMTumbuh #LPPM Unud