Tim pemonev diterjunkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) untuk melaksanakan kunjungan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Program kegiatan MBKM Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) skema mandiri periode I tahun 2022. Kegiatan ini merupakan agenda wajib yang dilakukan oleh Tim Pemonev LPPM Unud yang bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi program kerja dan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa peserta MBKM Membangun Desa/KKNT di desa. Monev dilakukan dari hari Senin – Jumat, 19 – 23 Desember 2022, di lokasi 8 (delapan) desa, yaitu: Desa Jehem, Desa Belumbang, Desa Kedisan, Desa Buahan, Desa Pecatu, Desa Kelan, Desa Batur Tengah dan Desa Kerta. 


        Evaluasi yang ditekankan kepada para mahasiswa diantaranya adalah kemajuan program kerja, laporan bulanan dan catatan harian dari masing-masing mahasiswa. Dengan monev ini, diharapkan pelaksanaan MBKM Membangun Desa/KKNT yang mengkonversi 20 SKS agar bener-benar terlaksana di lapangan dengan efektif dan sesuai dengan program yang telah dicanangkan sejak awal yang mengakomudasi CPL Program Studi. Serta mendapatkan informasi seputar kegiatan KKNT baik dari mahasiswa maupun masyarakat dan perangkat Desa. Ujian akhir MBKM KKNT rencananya dilaksanakan awal Januari tahun 2023. Kegiatan MBKM membangun Desa/KKNT masih berlangsung dan berakhir 13 Januari 2023.

        Untuk Desa Belumbang, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, monev dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Desember 2022. Dua kelompok mahasiswa KKNT yang beranggotakan masing-masing 7 dan 8 mahasiwa dari Fakultas Pariwisata Unud melakukan kegiatan selama 4 (empat) bulan dengan tema “Pengembangan Desa Wisata berbasis Pentahelix”. Kegiatan KKNT ini diharapkan dapat memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa sebagai agen perubahan untuk bisa mengaplikasikan keilmuannya secara langsung dan berkontribusi positif terhadap pembangunan di Desa.