Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) XXVII, KKN Tematik Literasi dan Inklusi Keuangan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan KKN Tematik Infrastruktur PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Universitas Udayana yang dilaksanakan dari 15 Juli – 27 Agustus 2023 telah memasuki tahap ujian akhir.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) mengucapkan Selamat kepada 4116 mahasiswa yang telah mengikuti Ujian Akhir KKN. Hari Minggu, (27/8/2023) sebanyak 4116 mahasiswa KKN dari 264 desa telah mengikuti Ujian Akhir KKN, sudah termasuk sebanyak 180 mahasiswa KKN dari 12 desa di Nusa Penida sudah terlebih dahulu melaksanakan Ujian Akhir, pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023. Pelaksanaan ujian KKN dilaksanakan serentak di 8 kabupaten di Bali, dalam 3 sesi yaitu sesi pagi (09.00 – 10.30 Wita) & (10.30 – 12.00 Wita) dan sesi siang (13.00 – 14.30 Wita). Ujian Akhir ini merupakan tahap akhir dari program KKN yang harus diikuti oleh mahasiswa KKN. 

DPL hadir dan sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ujian akhir ini, dosen penguji melaksanakan evaluasi kegiatan mahasiswa selama KKN mulai dari proker (program kerja), KK dampingan, potensi UMKM, potensi desa, dan semua hal yang berkaitan dengan kegiatan yang dilaporkan oleh mahasiswa, serta dibantu dikonfirmasi oleh Kepala Desa/Perbekel yang hadir. Ujian Akhir KKN secara umum sudah berlangsung dengan lancar dan sukses, walau ada beberapa kendala kecil seperti kehadiran penguji yang sudah bisa diatasi oleh panitia KKN.

Tujuan diadakan Ujian Akhir oleh LPPM Unud ini adalah untuk mengukur pemahaman mahasiswa terhadap program-program yang telah dilakukan, mengevaluasi keberhasilan kegiatan KKN dan kebermanfaatannya bagi mahasiswa, desa dan institusi. Adapun kelemahan dan kelebihan dari kegiatan KKN juga akan menjadi masukkan bagi LPPM Unud untuk meningkatkan pelaksanaan dan program KKN untuk periode berikutnya. Serta sebagai salah satu tahapan evaluasi semua kegiatan yang sudah dijalani mahasiswa dan menilai apakah program-program yang dijalankan sudah efektif.