Dilakukan secara daring, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana (LPPM Unud) bekerja sama dengan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) selenggarakan Pembekalan Khusus KKN Tematik Infrastruktur tahun 2023, pada hari Selasa 13 Juni 2023. Hadir pada acara pembekalan, Ketua dan Sekretaris LPPM, tim dari Kementeriaan PUPR, DPL dan mahasiswa.

        Acara pembekalan khusus dibuka oleh Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi. Dalam sambutannya Prof. Suarsana menyampaikan bahwa terdapat 160 mahasiswa KKN yang ditempatkan pada 10 desa lokus KKN Tematik Infrastruktur PUPR yang menitikberatkan pada empat (4) bidang, yaitu: 1) Air Minum; 2) Sanitasi; 3) Persampahan; dan 4) Perumahan dan Kawasan Pemukiman. Dari Kementerian PUPR, sambutan disampaikan oleh Budianto Prasetio, S.T., MIDS, M.Eng (Kepala Balai Kawasan Permukiman dan Perumahan) yang mewakili Ir. Dian Irawati, M.T. (Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan) menyampaikan terima kasih kepada Unud dalam hal ini LPPM Unud karena telah memfasilitasi kegiatan pengabdian melalui KKN Tematik Infratruktur. Selanjutnya bisa dilakukan kerja sama yang lebih intensif pada bidang PUPR lainnya.

        Narasumber yang hadir dari Kementerian PUPR adalah M. Reyhan Firlandy, S.AP., MT., materi: “Penyelenggaraan Kegiatan Bidang Pengembangan Kawasan Pemukiman”, Puji Setiyowati, materi: “Kegiatan Infrastruktur Air Minum”, Drs. Muhajirin, MT., materi: “Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Bidang Sanitasi”, Gina Mauluddina, ST., MT., materi: “Teknologi Tepat Guna Penyediaan Air Minum”, Anggi Wulandini, ST., materi: “Teknologi Dalam Pengolahan Sampah”, Rydha Riyana Agustien, SSi., MT, materi: “Teknologi Tepat Guna Sistem Pengelolaan Air Limbah” dan Sri Maria Sanjaya, ST., materi: Penjelasan Teknis Pelaksanaan KKN Tematik Infrastruktur Pelaporan KKN Tematik Infrastruktur.