Sebagai langkah awal turut serta dalam program Matching Fund (MF) Kedaireka Kemendikbud Ristek, Universitas Udayana (Unud) hendaknya meningkatkan jumlah pengajuan proposal MF Kedaireka Kemendikbud Ristek 2023. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unud melalui Unit Pengelola MF Unud, giatkan program MF Kedaireka dengan gelar acara Sosialisasi dengan tema “Lebih Dekat dengan Program Matching Fund Kedaireka 2023: Menjalin Kemitraan dengan DUDI dan Tantangan-nya”, secara online via Webex Meeting (Selasa, 21 Februari 2023). Acara dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris LPPM Unud, para Dekan dan Direktur Pascasarjana di lingkungan Unud, USDI, mitra Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dari ASITA Bali dan Kadin Bali, serta para dosen di lingkungan Unud.

        Dalam sambutannya, Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, M.Si, yang dalam hal ini mewakili Rektor Unud menekankan perlunya membangun ekosistem inovasi di Unud yang berbasis kolaborasi pentahelix, khususnya Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), serta mengakselerasi kolaborasi strategis sivitas akademika Unud dalam menjawab tantangan dan kebutuhan di ranah industri dengan solusi berbasis inovasi riset, serta perlunya menjembatani kepakaran sivitas Unud dengan DUDI salah satunya melalui program MF Kedaireka. Sedangkan, Ketua Unit Pengelola Program Matching Fund Unud, Dr. Ni Ketut Arismayanti, SST.Par., M.Par melaporkan bahwa Unud di tahun 2023 baru dibentuk Unit Pengelola MF di bawah LPPM Unud. Terdapat 10 proposal yang diajukan oleh Tim Dosen, terbanyak dari FEB kemudian FT dan FPAR. Dari 10 proposal tersebut, sebagian besar sudah melalui seleksi pitching proposal awal. Diharapkan kedepannya semakin banyak dosen yg mengajukan proposal. Ekosistem Merdeka Belajar–Kampus Merdeka melalui program MF juga berkontribusi terhadap pencapaian 8 IKU PT.

        Kegiatan yang dihadiri oleh 185 peserta menghadirkan 3 narasumber, yaitu Prof. Dr. Lilis Nuraida, M.Si dengan materi “Petunjuk Teknis Program Matching Fund Kedaireka” dan Prof. Dr-Ing Setiawan Purnomo Sakti, M.Eng dengan materi “Menjalin Kemitraan Perguruan Tinggi dengan Dunia Usaha Dunia Industri melalui Program Matching Fund Kedaireka” dari Tim Matching Fund Kedaireka Kemdikbudristek RI; Bapak Agung Wirapramana dari KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Bali selaku Wakil Ketua Umum Kadin Bali dengan materi “Menyelaraskan Riset Inovasi Dengan Kebutuhan DUDI di Bali”. Kegiatan dimoderatori oleh Dr. Sagung Chandra Yowani, S.Si., Apt., M.Si. dan Wayan Gede Astawa Karang., S.Si., M.Si., Ph.D dari Unit Pengelola Program Matching Fund Unud.

#LPPMUnud
#UniversitasUdayana