Sebagai rangkaian proses pelaksanaan MBKM Membangun Desa (MD)/Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Mandiri Periode III Tahun 2023, bertempat di Ruang Sidang UPT. Perpustakaan, Kampus Jimbaran, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana (LPPM Unud) laksanakan kegiatan pembekalan umum bagi mahasiswa (Kamis, 10 Agustus 2023). Dimana kegiatan Pembekalan Khusus akan dilaksanakan oleh Program Studi/Fakultas asal mahasiswa peserta MBKM, Senin-Selasa, 14-15 Agustus 2023. Acara Pembekalan Umum dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris LPPM Unud, Koordinator MBKM Unud, Para dekan dan Koprodi yang mahasiswanya mengikuti program MBKM MD/KKNT, DPL Desa, DPL Prodi, dan mahasiswa.


        Acara Pembekalan dibuka oleh Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi., dalam hal ini mewakili Rektor Unud, yang dalam sambutannya menyampaikan terima kasih baik mahasiswa, koprodi, pembimbing lapangan yang hadir saat acara pembekalan. Apresiasi kepada Koprodi sudah berhasil menginisiasi kegiatan KKNT dengan pihak desa. Prof. Suarsana, dalam laporannya menyampaikan kegiatan MBKM MD/KKNT Mandiri Periode III Tahun 2023 diikuti oleh 41 mahasiswa, dari 4 fakultas (FT, FISIP, FP dan FKP), dari 7 prodi (Arsitektur, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Administrasi Publik, Manajemen Sumberdaya Perairan, dan Agroekoteknologi). Menyampaikan pesan kepada mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pembekalan dengan sebaik-baiknya karena pada tahap selanjutnya akan dilakukan ujian pembekalan. Serta menyatakan untuk kegiatan MBKM MD/KKNT Mandiri Periode I Tahun 2022 dan Periode II 2023, sudah berjalan dengan lancar, dan terdapat beberapa desa yang ingin melanjutkan kerjasamanya dengan melalui kegiatan MBKM MD/KKNT berikutnya.

        Hadir sebagai Narasumber, Dr. Ir. I Ketut Sardiana, M.Si., Koordinator MBKM Universitas Udayana, dengan materi: “Penjelasan Umum Program MBKM Mandiri”; Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, ST., MSc., PhD., IPM. (Sekretaris LPPM Unud), dengan materi: “MBKM Membangun Desa/KKNT Mandiri Periode III Tahun 2023 Universitas Udayana”; Dr. I Ketut Mangku Budiasa, S.Pt, M.Si. (Ketua KKN PPM Unud) dengan materi: “Moral dan Etika Pergaulan Mahasiswa di Masyarakat”; Dr I Nyoman Sudiarta, SE., M.Par (Koprodi Sarjana Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata Universitas Udayana) dengan materi: “Sharing Pelaksanaan MBKM Membangun Desa/KKNT Mandiri Periode I Tahun 2022 : Manfaat, Tantangan, Hambatan dan Solusinya”; Duman Care Khrisne, ST., MT., Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi, USDI, Unud, dengan materi: “Penjelasan Teknis SIMAK MBKM KKNT”. Keempat narasumber dimoderatori oleh Dr. I Made Bayu Ariwangsa, S.S., M.Par., M.Rech, Prodi Destinasi Pariwisata FPAR Unud.