Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) laksanakan rapat koordinasi kedua persiapan kegiatan Seminar Bhakti Desa (SBD) VI 2023 yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Kamis 7 September 2023 dengan tema “Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal dan Desa Digital Dalam Mendorong Kemandirian Desa" pada hari Rabu, 16 Agustus 2023, di Ruang Sidang LPPM Unud, Kampus Jimbaran. Rapat dihadiri oleh Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, M.Si., Sekretaris LPPM UNUD, Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, Ph.D., Ketua Panitia SBD VI 2023, Prof. Ir. Komang Dharmawan, M.Math, Ph.D. beserta tim panitia SBD VI 2023. Rapat dipantau dan mendapat arahan langsung dari Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU.


        Rektor menekankan filosofi munculnya SBD sejak tahun 2015 sebagai bentuk ungkapan terima kasih Unud kepada Kepala Desa Dinas/Adat se-Bali karena atas Kerjasama yang erat antara Sivitas Akademis Unud dengan Kepala Desa Dinas/Adat baik dalam bentuk penelitian, pengabdian dan kuliah kerja nyata (KKN). Untuk KKN, Unud menempatkan hampir 6000 mahasiswa tiap tahunnya di desa dan selalu mendapat kemudahan dari Desa. Dan gilirannya Kepala Desa Dinas/Adat diundang ke kampus dengan peran akademiknya Unud mampu memberikan pemahaman tentang pengelolaan manajemen Desa, mekanisme perencanaan pembangunan Desa, pemahaman Rencana Kerja Pemerintah Desa serta menumbuhkan potensi pemberdayaan sumber daya Desa.

        Rektor juga memastikan ada proses sosialisasi atau mempromosikan maksud dan tujuan SBD ke masyarakat melalui media sosial dan media lainnya. Sehingga maksud baik SBD bisa diketahui oleh masyarakat luas. Selanjutnya Rektor juga memastikan agar setiap tahapan kegiatan agar menjalan dengan baik dan lancar. Rapat secara umum membahas mengenai teknis penjemputan narasumber, kehadiran narasumber, akomodasi, penerimaan tamu, rundown fix acara, teknis dokumentasi dan publikasi, serta koordinasi antar panitia yang terdiri dari sie acara dan keynote, sie kesekretariatan, sie perlengkapan dan transport, sie IT, sie konsumsi, sie publikasi dan dokumentasi, sie Kesehatan, beserta sie keamanan dan kebersihan.