Bertempat di Wantilan Desa Adat Pecatu, Kabupaten Badung, telah diselenggarakan Bhakti Sosial Kesehatan: “Udayana Hadir untuk Masyarakat”, dalam rangka Dies Natalis ke-60 Universitas Udayana (Unud), kolaborasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unud dengan Rumah Sakit (RS) Unud, Senin (26/09/2022). Acara Bhakti Sosial dihadiri oleh Sekretaris LPPM Unud, NMAED Wirastuti, PhD yang hadir mewakili Ketua LPPM Unud sekaligus membuka acara. Hadir pula Direktur RS Unud, Prof. I Dewa Made Sukrama dan jajaran direksi, Kepala Desa Pecatu dan jajarannya, tim medis RS Unud, dan masyarakat desa Pecatu.



        Kegiatan bhakti sosial yang dilakukan dalam bentuk penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan gratis (pemeriksaan umum, spesialis dan skrining). Terdapat 6 (enam) materi kesehatan yang disampaikan yaitu tentang 1) Kanker Leukimia dan pendekatannya, 2) Konsep kanker secara umum, 3) Deteksi Dini Penyakit Jantung di Era Covid 19, 4) Test IVA untuk mendeteksi kanker serviks, 5) Deteksi Dini Kanker Paru, dan 6) HIV. Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan layanan kesehatan masyarakat desa Pecatu, memberikan gambaran umum pelayanan penyakit di RS Unud dan memperkenalkan pelayanan lainnya yang dimiliki oleh RS Unud. 


        Dalam sambutannya, Direktur Utama RS Unud, Prof. Dewa Sukrama, menyampaikan RS Unud dengan status Tipe B, RS Pendidikan, dengan berbagai fasilitas yang ada, mengajak masyarakat desa Pecatu untuk selalu peduli kesehatan dan secara rutin mengecek kesehatan di RS Unud. RS Unud akan menggandeng LPPM Unud untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan serupa pada desa-desa penyangga, desa sekitar Kampus Unud, dengan kegiatan yang lebih besar yang memberi dampak signifikan pada masyarakat.


        Sekretaris LPPM Unud, NMAED Wirastuti, PhD., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Kepala Desa Pecatu, jajaran dan masyarakat Pecatu atas kolaborasi dan partner LPPM Unud dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk kegiatan KKN PPM, serta MBKM Membangun Desa/KKNT yang masih dilaksanakan di desa Pecatu dari 7 September 2022 sampai 13 Januari 2023. Harapannya semoga kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan memberikan dampak yang besar peningkatan wawasan kesehatan masyarakat tentang deteksi dini kanker, pemeriksaan kesehatan rutin, dan informasi pelayanan dan unit terkait lainnya yang dapat dilakukan di RS Unud.