LPPM Universitas Udayana menggelar focus group discussion berjudul Percepatan Implementasi PLTS Atap di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota Se-Bali pada hari Kamis, 7 Juli 2022, di Ruang Aula, Gedung Paacasarjana, Kampus Sudirman. Kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama LPPM dengan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali dalam upaya mendukung percepatan implementasi PLTS atap untuk memenuhi target kapasitas PLTS 108 MW tahun 2025 di provinsi Bali.

        Dalam sambutan pembukaan Ketua LPPM Unud Prof. Nyoman Suarsana mengapresiasi kerjasama dan sinergi yang telah dilakukan antara LPPM Unud dan BRIDA Provinsi Bali. Unud yang memiliki pool of expert yang komprehensif selalu siap untuk bekerjasama dalam membantu stakeholder untuk mencari solusi dan inovasi sehingga bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat.

        FGD ini menghadirkan narasumber Ir. Wayan Sukerayasa, MT sebagai ketua tim peneliti yang ditunjuk LPPM Unud menyampaikan kajian teknis PLTS atap, Prof. Ida Ayu Dwi Giriantari yang merupakan Kelompok Ahli Pembangunan Provinsi Bali Bidang Energi menyampaikan tantangan dan strategi percepatan PLTS, serta Dr. Wayan Rideng yang merupakan Kelompok Ahli Pembangunan Provinsi Bali Bidang Hukum menyampaikan kajian hukum dari percepatan PLTS atap di Bali.

        Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali Ir. I Made Gunaja, M.Si mengharapkan FGD yang dihadiri oleh stakeholder energi terbarukan khususnya PLTS dari seluruh OPD terkait di seluruh Bali ini dapat memberikan masukan dalam upaya percepatan pembangunan PLTS atap di kantor-kantor pemerintah di seluruh Bali.