Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) menggelar kegiatan edukasi untuk masyarakat dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Keluarga Dalam Pencegahan Stunting”. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Ketampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung pada hari Jumat, tanggal 26 Agustus 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris LPPM Unud, Ketua Dies Natalis Ke – 60 Unud, Dr. I Putu Suiraoka, S.ST., M.Kes (Poltekkes Denpasar, Ketua DPD Persagi Bali) selaku narasumber, Kepala Desa Ketampi Kaler beserta jajarannya, Babinkamtibmas serta masyarakat sasaran penyuluhan. Masyarakat yang disasar adalah Ibu-ibu PKK dan seka truna truni.

        Ketua LPPM Unud, Prof. Suarsana menyampaikan tujuan dari acara ini adalah untuk mengedukasi, terutama dari dalam keluarga kecil yang paling dekat dengan tumbuh kembang anak bahwa angka stunting di Provinsi Bali, walaupun sudah lebih rendah jika dibandingkan angka stunting rata – rata di Indonesia, agar bisa sepenuhnya hilang dan mampu untuk melakukan pencegahan di masa yang akan datang. Inti dari penyuluhan ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang faktor – faktor apa sajakah yang menyebabkan stunting dan pencegahannya.


Dr. Suiraoka ketika diwawancari, mengungkapkan materi yang disampaikan dalam kegiatan penyuluhan ini adalah tentang apa itu stunting, apa penyebab stunting, bagaimana dampak stunting terhadap anak itu sendiri dan bagaimana upaya pencegahan stunting di tingkat keluarganya. Menurutnya, pentingnya kegiatan ini adalah agar masyarakat mampu melakukan pencegahan sedini mungkin tentang bahaya stunting yang merupakan masalah inter generasi di Indonesia.