Serangkaian kegiatan pengabdian internasional yang diinisiasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) yang dikemas dalam kegiatan LPPM International Partnership Program and Community Engagement (LPPM IPACOE) dimulai pada hari ini Jumat 22 April 2022 di Buleleng dengan tema “Developing a Home Garden to Support Environment Sustainability”. Kegiatan pengabdian dilakukan selama 2 hari, 22 – 23 April 2022, dengan menghadirkan dua pembicara internasional yaitu Mr. Anton Joel Clark (Australia, Design Director, Bali Landscape Company) dan Ms. Pudtan Chantarangkul (Department of Landscape Architecture, Faculty of Architecture, Kasetsart University, Thailand). Kegiatan pada hari pertama dilakukan secara offline dan online via Webex Meeting dihadiri 97 peserta, dengan melibatkan ibu-ibu penggerak dan pengurus PPK se-kabupaten Buleleng, undangan prodi landscape beberapa universitas di Indonesia, dan asosiasi profesi landscape. Pada hari kedua dilakukan kunjungan ke rumah ibu pkk dan penanaman tumbuhan untuk pekarangan (home garden).
Acara pembukaan dihadiri oleh Plt. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng yang dalam hal ini diwakili oleh Pokja 3, Ir. Ni Putu Swastini, MSi. dan Ketua LPPM Unud yang diwakili oleh Sekretaris LPPM Unud, Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, ST., MSc., PhD., IPM, dan dua pembicara internasional. Materi pertama dibawakan oleh Mr. Anton Joel Clark, yang bertema “Easy Way to Create a Home Garden” yang diikuti sangat antusias oleh peserta. Materi pertama berisi tentang bagaimana cara yang mudah untuk membuat home garden di pekarangan rumah menggunakan konsep eco/ramah lingkungan. Materi kedua berisi tentang apa yang harus dilakukan pertama kali untuk membuat sustainable home garden, apakah sebagai taman penghias atau taman yang menghasilkan buah. Diakhir acara diserahkan tanaman lengkeng kepada para peserta yang hadir.
Dalam sambutannya, Ibu Ni Putu Swastini, MSi menyampaikan harapannya agar kegiatan ini bisa berkelanjutan, dan ibu-ibu PPK bisa mengimplementasikan apa yang diperoleh dari kegiatan untuk dilakukan di rumah masing-masing dan berbagi dengan ibu-ibu PKK di wilayahnya. Sedangkan Sekretaris LPPM Unud, NMAE Dewi Wirastuti, PhD dalam sambutannya menyampaikan harapannya dengan berkolaborasi dengan masyarakat internasional terutama para expert dibidangnya, diharapkan tercapai knowledge dan technology transfer kepada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat mendapatkan wawasan baru tentang home garden, dengan adanya berbagi pengalaman dari negara asal dan keahlian home garden dari para narasumber.