Rangkaian kegiatan Scientific Forum on Disaster Risk Reduction (SF DRR) 2022 ditutup dengan kegiatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana – International Partnership Program and Community Engagement (LPPM IPACOE) yang memasuki rangkaian kegiatan keempat dari lima kegiatan yang telah dicanangkan, yaitu Training on Volcano Risk and Hazard Mitigation, yang dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 27 Mei 2022. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan University of Hawai’i at Manoa, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karangasem. Kegiatan dilakukan di dua lokasi yang berbeda, pertama ada di Pos Pemantauan Gunung Api Agung (Agung Volcano Observatory) dan Wantilan Kantor Desa Besakih, Kabupaten Karangasem.

Keseluruhan kegiatan LPPM IPACOE dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris LPPM Universitas Udayana (Unud), Prof. Suarsana dan NMAE Dewi Wirastuti, PhD., narasumber Abd. Rahman As-syakur, SP., M.Si., Ph.D. (Unud) dan Prof. Karl Kim, Ph.D dan Dr. Lily Bui (University of Hawai’I at Manoa), Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Agung, Dewa Merta Yasa, Kepala Desa Besakih, I Wayan Benya, Kepala BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Ketut Harimbawa dan juga beberapa peserta yang tergabung dalam rangkaian acara SF DRR 2022, diantaranya Lousiana Tech University, New Mexico Tech University, Universitas Pancasila, dll.

Kegiatan diawali dengan melakukan kunjungan ke Pos Pemantauan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kabupaten Karangasem. Rombongan disambut oleh Kepala Pos Pemantauan, Dewa Merta Yasa, dan para staff yang sekaligus memberikan informasi singkat tentang kegiatan yang dilakukan di Pos Pemantauan Gunung Api Agung, bagaimana sistem kerja alat pendeteksi gempa yang terpasang di sekeliling Gunung Agung dan bagaimana menghadapi situasi genting ketika Gunung Agung akan meletus.

Kegiatan kedua dilakukan pertemuan dengan Kepala Desa, Kepala BPBD Kabupaten Karangasem, tim pemandu hiking Gunung Agung, para aparat desa serta masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Gunung Agung di Desa Besakih yang bertempat di Wantilan Desa Besakih, Kabupaten Karangasem. Kegiatan kedua ini menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Prof. Karl Kim dari University of Hawai’i dengan tema materi Volcano Risk and Hazard, Volcano Mitigation and Demo. Pembicara kedua berasal dari Universitas Udayana, Abd. Rahman As-syakur, SP., M.Si., Ph.D., yang membawakan materi tentang Bali Volcano Activity and Mitigation Experiences.