Dilaksanakan secara daring, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) selenggarakan acara “Sosialisasi Perizinan dan Pengelolaan Riset Kolaborasi dengan Mitra Internasional” yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dekan/Direktur Pascasarjana, Ketua dan Sekretaris LPPM, Koordinator KUI dan tim, UP2M, Tim UNISERF, koprodi dan kandidat Unud host partner. (Rabu, 15 Maret 2023) Kegiatan sosialisasi diadakan berkenaan akan segera dilaksanakannya pendanaan UNISERF Term I 2023, tentunya perlu disiapkan dari proses kontrak, LoA, perijinan peneliti internasional untuk hadir di Unud dan bekerjasama dengan peneliti Unud, pengurusan visa, ijin dari Mabes Polri, tata kelola keuangan dan dokumen pendukung lainnya.

        Tahun 2023, saat pertama kalinya pelaksanaan UNISERF. Tentukan banyak hal yang harus dipelajari dan dipersiapkan. Agar program bisa berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku, ucap Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi. Sesuai dengan arahan Bapak Rektor, LPPM Unud tahun ini telah berhasil melalui beberapa proses seleksi pendanaan UNISERF, dari desk evaluasi dan pemaparan, dan segera akan diumumkan pengusul yang merupakan peneliti internasional yang berhasil didanai dari UNISERF. Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP., Wakil Rektor Bidang Akademik, yang dalam hal ini mewakili Rektor, menyampaikan program internasionalisasi mampu menguatkan reputasi perguruan tinggi sehingga mampu mendapatkan pengakuan internasional. Untuk itu Rektor selalu melakukan terobosan-terobosan dalam internasionalisasi salah satunya dengan me-launching UNISERF (Udayana University International Senior Researcher Fellowship) pada tahun 2022. Unud yang pada tahun ini mencanangkan sebagai PTN BH, Bapak Rektor sangat mendukung dilaksanakannya program internasionalisasi baik Fakultas, Lembaga, maupun unit-unit lainnya. Tentunya ber PTN BH adalah langkah awal menuju word class university (WCU).

        Hadir sebagai narasumber, Tri Sundari, Direktur Tata Kelola Perizinan Riset dan Inovasi, dan Otoritas Ilmiah, Deputi Bidang Fasilitas Riset dan Inovasi, BRIN, menyampaikan materi: “Pengelolaan Perizinan Riset Kolaborasi Mitra Internasioanal”; Raden Arthur Ario Lelono, Direktur Manajemen Talenta, Deputi Bidang SDM Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, BRIN, menyampaikan materi: “Pengelolaan SDM IPTEK Kolaborasi Mitra Internasional”; dengan moderator NMAE Dewi Wirastuti, PhD.