Jumat, 3 November 2023 berlokasi di Aston Kuta Hotel & Residence, Lembaga Penelitian dan Pengabadian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) untuk 3 (tiga) panduan yang telah direvisi dan diinisiasi di tahun 2023: Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi IX Tahun 2023, Panduan Kuliah Kerja Nyata Tahun 2023, dan Panduan Pengelolaan Pusat Penelitian dan Pusat Pelayanan Universitas Udayana Tahun 2023. Hadir pada acara FGD, Ketua dan Sekretaris LPPM Universitas Udayana, para pimpinan Dekan di Lingkungan Universitas Udayana, Ketua UP2M, tim penelaah dan tim panduan.
Ditemui di sela-sela pelaksanaan FGD, Ketua LPPM Universitas Udayana Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, M.Si. menyatakan pelaksanaan FGD ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang sikap, pendapat, persepsi dan pengalaman dari expert untuk menyusun panduan, di mana panduan ini kedepannnya akan dijadikan penuntun guna meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan oleh sivitas akademika Universitas Udayana.

Harapannya, FGD diselenggarakan dapat menyempurnakan sekaligus finalisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Edisi IX Universitas Udayana Tahun 2023, Panduan Kuliah Kerja Nyata Universitas Udayana Tahun 2023, dan Panduan Pengelolaan Pusat Penelitian dan Pusat Pelayanan Universitas Udayana Tahun 2023. Sehingga sudah dapat diterapkan untuk pelaksanaan di tahun 2024. Sivitas mempunyai acuan, pedoman dan standar prosedur dalam melaksanakan aktifitas yang berhubungan dengan penelitian, pengabdian, kuliah kerja nyata dan pengelolaan pusat-pusat penelitian dan pelayanan.

FGD menghadirkan beberapa narasumber yaitu: Direktur Riset dan Inovasi, Direktorat Riset dan Inovasi IPB University Prof. Dr. Sugeng Heri Suseno, menyampaikan Best Practice Pengelolaan Pusat Penelitian dan Pusat Pelayanan di IPB University, Ir. Ida Bagus Wayan Gunam, MP, Ph.D. menyampaikan Beberapa Revisi Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Edisi IX Universitas Udayana Tahun 2023, Dr. Pande Gde Sasmita Julyantoro, S.Si., M.Si menyampaikan Panduan Kuliah Kerja Nyata Universitas Udayana Tahun 2023, dan Dr. I Ketut Adi Atmika, ST., MT. menyampaikan secara singkat Panduan Pengelolaan Pusat Penelitian dan Pusat Pelayanan Universitas Udayana Tahun 2023. Acara dimoderatori oleh Prof. Dr. dr. Ni Nyoman Sri Budayanti, Sp.MK(K), dan Prof. Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, ST., MSc., PhD., IPM.