Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) melakukan kunjungan ke beberapa lokasi pelaksanaan program MBKM Penelitian/Riset Mandiri Unud tahun 2023 diantaranya Laboratorium Bioteknologi Fakultas Biologi UGM, Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik UGM, Departemen Politik Unair, Laboratorium Teknik Elektro ITS, BRIN Jakarta, dan Biro Hukum Kementerian PPN/Bappenas. Kunjungan dilaksanakan dalam rangka kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap dosen pembimbing pendamping dan mahasiswa peserta MBKM Penelitian/Riset yang dilaksanakan secara mandiri oleh Unud melalui LPPM (15 - 18/11/2023).
Kegiatan monev dihadiri oleh pemonev LPPM, dan dosen pendamping (pembimbing di lokasi MBKM). Ada dibeberapa lokasi dihadiri juga oleh pejabat lokasi MBKM, seperti di Kementerian PPN/Bappenas diterima langsung oleh Kepala Biro Hukum Kementerian PPN/Bappenas, Ibu RR. Rita Erawati, S.H., LL.M. dan Kepala Bagian Bantuan Hukum Kementerian PPN/Bappenas, Bapak Ari Prasetyo S.H., M.A., MPA. Tim Monev yang hadir adalah Prof. Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, S.T., M.Sc., Ph.D., IPM, Dr. Eng. I Made Gatot Karohika, S.T., M.T., Agus Muliantara, S.Kom, M.Kom., Dr. Ni Ketut Arismayanthi, SST Par., MPar., Dr. Ir. I Ketut Sardiana, M.Si, Luh Sutari, S.Sos., dan I Gede Sastra Gotama, S.E., M.Acc. 

Selama pelaksanaan penelitian, mahasiswa MBKM Penelitian/Riset yang terdiri dari 3 – 4 mahasiswa pada tiap lokasi, turut diikutsertakan dalam berbagai kegiatan instutusi lokasi MBKM, baik di dalam maupun di luar kota. Secara umum, kegiatan penelitian berlangsung dengan baik, mahasiwa menyampaikan perkembangan pelaksanaan penelitian meliputi progres laporan hasil penelitian, progres luaran penelitian, kendala selama penelitian serta keseharian mahasiswa selama melaksanakan penelitian. Dalam kegiatan tersebut Tim Monev dan mahasiswa juga mendiskusikan beberapa masukan dan saran terhadap substansi penelitian. Kini mahasiswa sedang dalam tahap penyusunan laporan akhir serta luaran penelitian yakni jurnal dengan target terakreditasi Sinta 2. 

Dengan dilaksanakannya kunjungan monev ini, diharapkan pelaksanaan MBKM Riset yang mengkonversi 20 SKS benar – benar terlaksana dengan efektif dan sesuai dengan target penelitian yang dicanangkan di awal.