Hari ini, Senin 26 September 2022, bertempat di Ruang Sidang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) di Kampus Jimbaran, LPPM Unud menerima 12 mahasiswa Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS), Sarawak, Malaysia, yang didampingi oleh 2 orang dosen pembimbing lapangan (DPL). Acara dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris LPPM Unud, Ketua dan Sekretaris KUI, dan DPL MBKM Membangun Desa/KKNT Prodi di Desa Pecatu dan Desa Kelan.


 

        Kegiatan KKN internasional yang pertama kali ini dikemas dalam program LPPM Insporty (LPPM Internasional Student Project for Community). KKN internasional ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh LPPM Unud sebagai salah satu refleksi dari mendukung program internasionalisasi Unud.


        Enam orang mahasiswa UNIMAS akan diterjunkan di Desa Pecatu dan enam mahasiswa lagi di Desa Kelan untuk bergabung dengan mahasiswa MBKM Membangun Desa/KKNT Unud. Program kerja mahasiswa UNIMAS pada program LPPM Insporty akan dikolaborasikan dengan program kerja mahasiswa MBKM Membangun Desa/KKNT di Desa Kelan. Dengan kolaborasi ini diharapkan akan terjalin kerjasama antar mahasiswa dan membentuk proses interaksi budaya serta berbagi pengalaman pengabdian di desa. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa. Dengan adanya kerjasama ini juga kedepannya diharapkan mahasiswa Unud bisa melakukan KKN internasional ke UNIMAS.